Sunday, February 19, 2017

Database mysql






Apa itu Database ?

Database didefinisikan sebagai kumpulan data yang terintegrasi dan diatur sedemikian rupa sehingga data tersebut dapat dimanipulasi, diambil, dan dicari secara cepat.
Selain berisi data, database juga berisi metadata. Metadata adalah data yang

menjelaskan   tentang   struktur  dari   data   itu   sendiri.   Misal,   anda   dapat memperoleh informasi tentang nama-nama kolom dan tipe data yang ada pada sebuah tabel. Data nama kolom dan tipe data yang ditampilkan tersebut disebut metadata.



Model Database:

a. Model Hirarkis

Dalam  model  ini,  terdapat  baris  data  yang  dijadikan  sebagai  ‘induk(parent-record) dan data yang dijadikan sebagai ‘anak (child record).
b. Model Jaringan

Pengembangan  dari  model  database  hirarkis,  dimana  satu  child-record dapat memiliki lebih dari satu parent-record.
c. Model Relasional

Dalam model ini, data sisimpan di dalam tabel-tabel yang berelasi satu sama lain.

 


Tabel

Banyak yang mendefinisikan database sebagai suatu kumpulan tabel. Tabel itu sendiri adalah suatu entitas yang tersusun atas kolom dan baris. Dalam dunia database, kolom disebut field dan baris disebut record.
Dalam model relasional, sebuah database akan tersusun atas beberapa tabel yang

saling berelasi atau memiliki keterkaitan satu sama lain. Relasi antar tabel satu dengan yang lain dibentuk menggunakan kolom yang terdapat pada tabel-tabel bersangkutan melalui pendefinisian constraint (primary key dan foreign key).


  









Constraint



Constraint merupakan suatu aturan atau bahasan yang mendefinisikan nilai atau data yang dapat disimpan di dalam database, baik melalui operasi INSERT, UPDATE, maupun DELETE. Dalam  SQL standar  ANSI,  constraint  dibedakan menjadi empat, yaitu:

a. Primary Key

Primary Key merupakan  suatu  aturan  yang  berguna  untuk  memastikan bahwa setiap baris data di dalam suatu tabel bersifat unik (berbeda antara baris yang satu dengan yang lainnya. Aturan dalam pendefinisian primary key:
-   Suatu tabel tidak dapat memiliki lebih dari satu primary key

-   Kolom yang dijadikan primary key tidak boleh bertipe BLOB

-    Nilai pada kolom yang didefinisikan sebagai primary key harus bersifat unik dan tidak boleh NULL
b. Foreign Key

Foreign Key berguna untuk mendefinisikan kolom-kolom pada suatu tabel yang nilainya mengacu ke tabel lain. Aturan dalam pendefinisian foreign key:
-   Satu tabel dapat memiliki lebih dari satu foreign key

-   Kolom yang diacu harus didefinisikan sebagai primary key atau unik

-   Foreign tidak bersifat unik

c. Unique

Fungsi unik pada dasarnya sama seperti primary key, yaitu untuk memastikan bahwa setiap baris data yang terdapat dalam suatu tabel bersifat unik (tidak sama). Perbedaanya, pada unique key diizinkan untuk memasukkan nilai NULL.
d. Check

Berfungsi untuk membatasi nilai-nilai yang dapat dimasukkan ke dalam suatu kolom di dalam tabel. Sebagai contoh, kolom jenis_kelamin. MySQL tidak mendukung tipe constraint check, sebagai gantinya dapat menggunakan kolom yang bertipe enumerasi.
Indeks

Indeks adalah suatu objek database yang berfungsi untuk mempercepat proses pengambilan, pengurutan maupun pencarian data pada suatu tabel di dalam database.



Apa itu MySQL ?

MySQL merupakan software RDBMS (server database) yang dapat mengelola database  dengan  sangat  cepat,  dapat  menampung  data  dalam  jumlah  sangat besar, dapat diakses oleh banyak user (multi-user), dan dapat melakukan suatu proses secara sinkron atau bersamaan (multi-threaded).



Alasan Menggunakan MySQL

a.Fleksibel

b.Performa tinggi  c. Lintas platform d. Gratis
e. Proteksi data yang handal f. Komunitas luas



Menjalankan Program MySQL

Langkah-langkah untuk menjalankan program MySQL. a. Tombol Start -> Run / Windows+R
b. Ketikkan cmd -> klik OK











d. Ketikkan perintah Mysql –u -p Isikan password sesuai dengan nama user yang anda pilih.
e. Untuk keluar dari program MySQL ketikkan perintah

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites